Calon santri baru yang telah memenuhi persyaratan dan daftar ulang serta lulus ujian masuk di husnul khotimah kuningan, dan dinyatakan resmi sebagai santri Pondok Pesantren Husnul khotimah 2 Pancalang Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Sebelum memasuki kelas untuk mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) diadakan MOSHK2 Angkatan Ke -3. (Masa Orientasi Santri Husnul Khotimah 2 ). MOSHK2 ini dilaksanakan sejak tanggal 10 -14 Juli 2017. Acara yang digelar selama Lima hari ini bertujuan untuk memberi pengenalan terhadap Pondok Pesantren secara kelembagaan, menanamkan ruh kepesantrenan, sekaligus pree test (tes awal) untuk mengetahui tingkat kemampuan santri diawal masuk kelas serta menjadikan mereka sebagai generasi rabbani.

Ustadz Fauzi Muhammad Ali, Lc sebagai ketua pelaksana MOSHK2 Angkatan Ke -3 merumuskan tujuan kegiatan ini dalam agenda yang tersusun dan materi yang padat. “Materi yang diajarkan diantaranya Orientasi Lembaga Pendidikan, Orientasi Pengasuhan dan Tata Tertib Asrama, Dasar-dasar Keimanan dan Akhlak, Sosialisasi Organisasi Santri, Dauroh Qur’an dan Praktek Ibadah. Wawasan Wiyata Mandala, serta bela negara ” Papar Ustadz Fauzi

“Selain didalam Masjid MOHK2 Angkatan -3 juga diadakan diluar Masjid, karena ada kegiatan Bela Negara oleh Danramil Mandirancan, simulasi dan game-game yang mendukung materi.” Tambahnya.

MOSHK2 pada periode tahun ajaran 2017/2018 ini diikuti oleh 267 peserta. Dengan rincian santri berasal dari Wil III Cirebon, DKI Jakarta, Sulawesi, Bekasi, Jawa Tengah, Kalimantan, dan seluruh Wilayah Indonesia serta dari luar negeri Qatar dan Belanda.  Jumlah ini sesuai dengan laporan kepala sekolah MTs. Husnul khotimah 2 Kuningan  Ustadz Danni Abdurrahman, M.Pd.

Santri baru tampak antusias mengikuti acara ini. “Walau terasa capek karena full banget tapi mereka begitu enjoy, tadinya sedih tatkala ditinggal ibu,bapak dan sanak keluarganya pulang, jadi lupa deh, karena kegiatannya mengasyikkan banget.”

“Saya suka mengikuti MOSHK2 Angkatan ke -3 ini, terlebih ada materi dimalam hari tentang birrul walidain (Berbakti pada kedua orang tua), saya nangis, inget keluarga dirumah. Setelah ini saya bertekad untuk membahagiakan kedua orang tua dengan rajin belajar, ibadah dan berdoa pada mereka, saya bangga sama mereka yang telah mengirim saya ke pondok pesantren husnul khotimah 2 pancalang kab. kuningan.” Ucap Beberapa santri baru dengan nada penuh perasaan yang dalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *